,.

Monday, November 5, 2012

LAPORAN PRA OBSERVATION

Pada kesempatan ini, saya akan mengupload mengenai laporan pertama mata kuliah Classroom Observation, mengenai apa mata kuliah tersebut, teman-teman dapat meng klik disini.

LAPORAN PRA OBSERVATION
“SD N 1 and SD N 117, Palembang”

Ahmad wakhidul kohar1
Fanni Fatoni2
Wisnu Siwi Satiti3
IMPoME, Sriwijaya University, 2012
(1bangwachid@gmail.com, 2fan_math05@yahoo.co.id,3wisnu.siwi@gmail.com)



I.   INTRODUCTION
Mahasiswa International Master Program on Mathematics Education (IMPoMe) Universitas Sriwijaya (Unsri) tahun 2012 telah secara resmi memulai kegiatan perkuliahan pada tanggal 15 Oktober 2012. IMPoMe merupakan program pengaplikasian dari Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), versi Indonesia dari Realistic Mathematics Education (RME). Pada tahun 1994, program ini dimulai ketika Professor Sembiring menghadiri Konferensi Regional, the second-ICMI China pada pendidikan matematika di Shanghai. Bermula dari hal tersebut, RME sudah disebarkan dan diimplementasikan di beberapa universitas dan sekolah di Indonesia.
Salah satu mata kuliah pada semester perdana yang diberikan adalah Classroom Observation yang dibina oleh Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si. Classroom Observation merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk mengetahui lebih jauh informasi mengenai aplikasi dari pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME di sekolah-sekolah yang sudah bergabung dengan PMRI. Secara umum, kegiatan pra observasi ini mempunyai tujuan untuk mengetahui proses belajar dan mengajar di dalam kelas yang dilakukan oleh guru yang selanjutnya berkolaborasi untuk membuat proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan RME.

II. DISKRIPSI KEGIATAN
Mahasiswa IMPoMe berjumlah 14 orang telah mendapat tugas untuk observasi di 9 sekolah dasar dengan 2-3 orang setiap 1-2 sekolah. Ahmad Wakhidul Kohar, Wisnu Siwi Satiti  dan saya mengadakan observasi tentang kelas PMRI di SD N 1 dan SD N 117 Palembang. Pada saat pertama kali mengunjungi sekolah-sekolah tersebut,  kami merasakan suasana yang bersahabat dan baik dari Kepala Sekolah sampai dengan guru-guru di sana. Mengenai penjelasan lebih jauh tentang deskripsi kegiatan akan saya buat dalam bentuk dua daftar sekolah sebagai berikut.
2.1.SD N 1 Palembang
SD N 1 Palembang, sekolah negeri yang merupakan salah satu sekolah teladan terletak di Jl Kapt A Rivai Palembang. Observasi ini sekaligus membuka awal kerja sama kegiatan PMRI di sekolah ini karena pada tahun-tahun sebelum nya, sekolah ini belum pernah berkerja sama dengan PMRI. Pada tanggal 17 Oktober 2012 kami telah mengunjungi sekolah tetapi kami belum bertemu dengan Kepala Sekolah karena beliau sedang mengikuti kegiatan pelatihan di SMK N 3 Palembang. Kami diterima oleh Ibu Sus, Wakil Kepala Sekolah, untuk mendengarkan penjelasan kami. Setelah kami memberitahu tujuan kegiatan kami, beliau secara langsung belum bisa memberikan ijin tetapi secara tidak langsung mengijinkan dan menyambut baik kedatangan kami. Beliau meminta kami untuk bertemu dengan Kepala Sekolah dilain hari dan kami memutuskan untuk menemui beliau pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012.
Pada kunjungan berikutnya, kami belum bisa bertemu secara langsung dengan Kepala Sekolah karena beliau sedang pergi keluar untuk melaksanakan tugas. Namun, kami sangat bersyukur karena pada hari itu, wakil kepala sekolah sudah secara langsung memberi kami ijin untuk melaksanakan observasi  untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME. Selanjutnya, Kami menjelaskan lebih mendetail kepada beliau,  apakah yang akan kami lakukan selanjutnya sampai dengan berbagai aktivitas yang akan kerjakan di sekolah berhubungan dalam mata kuliah Classroom Observation. Kami berdiskusi untuk menentukan kelas yang akan digunakan dan beliau siap untuk menyiapkan kelas yang akan kami gunakan untuk proses pembelajaran berdasarkan RME.
2.2.SD N 117 Palembang
SD N 117 adalah salah satu sekolah negeri yang sudah mempunyai kelas akselerasi yang terletak di Jl. Musi Raya Perumnas Sako Kanten Palembang. Setelah mengunjungi SD N 1 Palembang, kami melanjutkan perjalanan menuju SD N 117 Palembang. Pada kunjungan pertama, kami sangat bersyukur karena kami dapat bertemu Ibu Toman Siregar, Kepala Sekolah SD N 117. Beliau sangat ramah dan senang sekali pada saat beliau menerima dan memberikan sedikit gambaran tentang pelaksanaan proses pembelajaran secara umum dan PMRI di sekolahnya karena sekolah ini telah bekerja sama dengan PMRI sebagai sekolah pilot walaupun beliau belum lama menjadi Kepala Sekolah di sekolah tersebut.
Kegiatan dilanjutkan berdiskusi dimana Kepala Sekolah mengundang beberapa guru dari kelas akselerasi yang bertujuan kami mengajar di kelas tersebut. Pada diskusi tersebut, Beliau juga mengenalkan kami dengan guru yang telah mendapatkan pengetahuan dengan PMRI, Ibu Yusnizar. Pada hasil diskusi tersebut, beliau meminta kami untuk mengajar di kelas IV khususnya kelas akselerasi. Selanjutnya, kami menerima sementara apa yang telah didiskusikan pada waktu tersebut dan kami akan memberitahu Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si tentang hasil diskusi. Pada pertemuan di minggu selanjutnya, kami diijinkan oleh Kepala Sekolah untuk memasuki kelas untuk mengadakan observasi.

III.  Hasil Observasi
Observasi ini dilaksanakan berdasarkan pada pengamatan kelompok dan saya akan membagi menjadi dua penjelasan. Berikut ini penjelasan mengenai kegiatan observasi yang kami lakukan:
3.         1   SD N 1 Palembang
m         untuk informasi lebih jauh mengenai laporan ini, anda dapat mendownload di sini


Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons