,.

Monday, March 25, 2013

Analisis Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Action Research Class)

HASIL ANALISIS JURNAL JURNAL EDUKASI MATEMATIKA (EDUMAT) PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MATEMATIKA (P4TK)

"PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DENGAN METODE BEKERJA MUNDUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA”

Oleh Fanni Fatoni
BIMPOME 2012 Sriwijaya University
NIM 06122802012
Penganalisisan terhadap Jurnal tersebut merupakan penilaian subyektif dari mahasiswa Impome 2012, Fanni Fatoni dimana tidak melibatkan unsur-unsur pengaturan terhadap penulisan jurnal tersebut. Sehingga ini hanya penilaian subyektif semata.
Tulisan tersebut ditulis oleh Gede Alit Narohita, S. Pd. pada Jurnal Edukasi Matematika (EDUMAT) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (P4TK) Volume I, Nomor 3, Juni Tahun 2011. Adapun beberapa hasil analisis dari tulisan tersebut adalah:

1.    Judul
Dari judul yang dibuat, sudah jelas bahwa judul tersebut mengandung kata meningkatkan yang berarti melakukan perlakuan (treatment) untuk meningkatkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika dan terdapat kelas yang akan dijadikan sebagai subjek penelitian (kelas VII C SMP Negeri 1 Tejakula) sehingga dari hal tersebut, kita sudah bisa memprediksi bahwa tulisan tersebut menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam melakukan penelitiannya.

2.    Abstrak
Penulisan abstrak yang dilakukan oleh peneliti cukup jelas. Dalam abstrak tersebut, peneliti telah mencantumkan setting tempat, subjek penelitian dan tahun pelaksanaan. Selain itu peneliti telah menjelaskan tujuan, mteode dan hasil serta simpulan penelitian dengan jelas.

3.    Pendahuluan
Secara umum, pada pendahuluan dari tulisan ini sudah baik yaitu sebelum menentukan permasalahan dalam penelitian, peneliti utama (guru) menjelaskan latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan dalam penelitian tersebut sudah jelas diantaranya.
a.    Latar belakang masalah
Latar belakang masalah dimulai dengan penjelasan (1) mengenai pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam matematika di semua tingkat mulai dari SD sampai SMA dan yang menjadi masalah utama dalam penelitian ini adalah hasil nilai rata Nilai rata-rata ulangan blok pertama semester I tahun pelajaran 2009/2010  pada aspek kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 54,3 dan ketuntasan belajar sebesar 56%.
Nilai ini masih di bawah KKM dan ketuntasan belajar matematika yang ditetapkan di kelas VII C yaitu sebesar 60,0 dan 85% (Arsip  SMP Negeri 1 Tejakula); (2) faktor-faktor yang sangat berpengaruh terhadap ketidakberhasilan dalam kemampuan pemecahan masalah dalam matematika secara umum; (3) faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika juga terjadi di SMP Negeri 1 Tejakula berdasarkan nilai rata-rata ulangan blok pertama semester I tahun pelajaran 2009/2010; (4) salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk  mengatasi permasalahan di atas adalah strategi   pembelajaran heuristic dengan metode bekerja mundur
b.    Berdasarkan uraian latar belakang di atas peneliti pula telah mencantumkan rumusan masalah dalam penelitian tersebut yaitu apakah penerapan strategi pembelajaran heuristik dengan metode bekerja mundur dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika bagisiswa kelas VII C SMP Negeri 1 Tejakula?
c.    Tujuan dan manfaat penelitian  di dalam penelitian ini dipaparkan secara eksplisit dimana tujuan penlitian tersebut adalah untuk mengungkapkan apakah penerapan strategi pembelajaran heuristik dengan metode bekerja mundur dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika bagi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Tejakula. Sedangkan manfaat penelitian di dalam penelitian tersebut dipaparkan secara eksplisit baik itu manfaat kepada guru, maupun kepada siswa serta kepada pihak sekolah.

Namun, ada beberapa hal kecil yang perlu mendapat perhatian yaitu belum jelas berapa banyak tim peneliti yang dijadikan sebagai mitra, karena hanya dituliskan “ 2) Guru yang terlibat dalam penelitian ini...”.
 
4.    Kajian Teori
Pada jurnal PTK ini, peneliti telah menjelaskan beberapa teori yang mendukung dan mendasari pelaksanaan penelitian tersebut. Hanya beberapa informasi yang memuat tentang strategi pembelajaran heuristik dan metode bekerja mundur itu sendiri sedangkan kemampuan pemecahan masalah belum dijelaskan begitu mendetail. Bagian kajian teori ini juga tidak dipisahkan dari bagian pendahuluan.

Beberapa informasi mengenai strategi pembelajaran heuristik justru dipaparkan pada bagian pendahuluan. Sehingga kesan yang timbul adalah informasi tersebut menjadi latar belakang sehingga peneliti memilih strategi pembelajaran heuristik dengan metode bekerja alur bekerja mundur untuk diterapkan dalam pembelajaran yang kemudian penulisan jurnal tersebut langsung mengalir menuju metode penelitian.

Sebaiknya beberapa tambahan informasi disertakan dalam jurnal ini untuk menambah wawasan pembaca yang mungkin masih belum memahami hal yang diangkat dalam penelitian tersebut yang diangkat dalam bab tersendiri yaitu kajian teori. Namun suatu catatan yang perlu diperhatikan, bahwa kemungkinan ketiadaan bagian kajian teori berkaitan dengan format penulisan dari jurnal yang bersangkutan sehingga kita sebagai pembaca tidak boleh mengambil keputusan sepihak.

5.    Metode Penelitian
Peneliti telah menjelaskan secara terperinci mengenai tempat penelitian, subjek penelitian, waktu penelitian, jumlah siswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian. Metode penelitian yang sudah jelas atau matching dengan judulnya yaitu menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) / (classroom action research) dengan rancangan penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam beberapa siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap observasi dan evaluasi, serta (4) tahap refleksi.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C semester I SMP Negeri 1 Tejakula tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 37 orang (20 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki). Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah  matematika bagi siswa, dengan tindakan strategi pembelajaran heuristik dengan metode bekerja mundur.
Mengenai gambaran secara lengkap tentang jurnal tersebut dan Makalah analisis jurnal nya, silahkan download link dibawah ini
Makalah Analisis Penelitian Tindakan Kelas

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons