,.

Friday, December 21, 2012

Pembelajaran Interaktif Modus Dengan Power Point


Proses pembelajaran matematika yang selama ini terjadi di dalam kelas, hampir didominasi oleh metode ceramah yang kemudian berlanjut dengan mengerjakan latihan soal. Hal ini menyebabkan kondisi pembelajaran yang monoton dan searah. Selain itu, media pembelajaran yang disediakan masih kurang menarik yaitu hanya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan belum dilengkapi dengan media pembelajaran yang lain.

Dari beberapa permasalahan di atas, seorang guru dituntut untuk lebih kreatif guna meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan mutu pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru seharusnya mulai menyadari pentingnya aspek teknologi untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya adalah bahan sajian yang menggunakan komputer. Di dalam salah satu program pembenahan pada kurikulum 2013, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran akan mulai dilaksanakan. Jadi seorang guru tidak hanya mengacu pada mata pelajaran TIK saja tetapi teknologi computer akan mulai disisipkan ke dalam semua mata pelajaran. 

Saat ini teknologi komputer dengan penggunaan akses internet telah menawarkan kesempatan-kesempatan baru dalam proses pembelajaran baik di ruang kelas, belajar jarak jauh maupun belajar mandiri. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh guru adalah membuat media pembelajaran berbasis komputer khususnya piranti lunak presentasi powerpoint. 

Penggunaan media pembelajaran powerpoint dalam pembelajaran matematika diharapkan akan sangat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Akan tetapi beberapa kendala di lapangan adalah masih ada beberapa guru yang belum bisa menggunakan media pembelajaran powerpoint sebagai alat bantu. Presentasi dengan menggunakan powerpoint merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan terutama untuk menarik perhatian siswa terhadap materi yang disajikan, atau tujuan lain.

Berikut ini adalah salah satu media pembelajaran yang saya buat dengan menggunakan power point pada materi pengenalan bagi siswa kelas IX SMP. Pada powerpoint ini dibagi menjadi 3 kegiatan siswa. Sebagai kegiatan yang pertama adalah menghitung banyak data, kegiatan kedua adalah kegiatan mengurutkan data, dan sebagai kegiatan yang terakhir adalah kegiatan dalam memperkenalkan macam-macam modus. Powerpoint ini dirancang dengan proses pembelajaran dua arah sehingga timbul interaksi antara murid dengan guru melalui media tersebut. 

Selain itu, di dalam proses pembelajaran dengan materi modus ini juga memberikan pengenalan awal dengan menggunakan konteks/benda-benda dalam kehidupan sehari-hari sehingga mempermudah siswa dalam mempelajari matematika dengan materi tersebut. Dalam hal ini, saya berusaha menerapkan prinsip-prinsip PMRI di dalam proses pembelajaran modus tersebut. berikut ini tampilan powerpoint saya dan bisa didownload pada tombol menu yang berada di sebelah kanan bawah. Selain itu pula guru dapat menampilkan file powerpoint ini secara langsung dari blog ini dengan membuat tampilan powerpoint fullscreen dengan mengklik pada tollbar yang berada di kanan bawah paling sudut (open in new window). Semoga powerpoint ini dapat bermanfaat bagi guru-guru ataupun siswa-siswi yang ingin belajar tentang modus melalui media pembelajaran powerpoint.


Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons