,.

Friday, December 7, 2012

Ujian Kehidupan itu!!!! Telah Sesuai Dengan Kadar Kemampuan Setiap Orang.


Saya ingin berbagi cerita tentang perihal kehidupan sekitar kita. Dari kehidupan sekitar kita ini pun, kita bisa belajar untuk membangun diri supaya lebih baik, bijak dan bermanfaat bagi alam sekitar. Namun pagi ini saya tidak bercerita mengenai hal yang tidak berhubungan dengan materi matematika / pelajaran lainnya.

Saya mulai dari cerita pribadi pada pagi hari ini, Jum’at, 7 Desember 2012. Kejadian tersebut sekitar pukul 04.20 WIB. Lebih tepat nya pada waktu saya sedang menempuh perjalanan ke masjid tadi subuh, saya sempat hampir berbarengan dengan orang yang berjalan menuju arah masjid. Dengan berjalan langkah biasa, saya tetap melangkahkan kaki menuju masjid tersebut. Finally, saya berada dibelakang nya sekitar 2 meter an (sebelum nya agak jauh tapi tetapi saya tidak berniat untuk mengejarnya, padahal sama-sama juga tadi kami sama-sama sedang berjalan). Apakah teman-teman tahu tentang siapa orang tersebut? (Jika teman-teman tahu, lebih hebat dong dari saya)
Karena saya juga tidak mengetahui siapa orang tersebut.
Hal ini semakin dikejutkan bukan kepayang, biasa saja mungkin ya :) bahwa seseorang tersebut memang bukan orang terkenal, tidak saya kenal juga dan ternyata bukan orang yang akan memasuki masjid. Kenapa???
Karena saya juga tidak mengetahui apakah dia muslim / tidak. :). Jawaban logis dong.
Ternyata, seorang tersebut sedang berjalan sempoyongan dan MEMBAWA 3 BUAH BOTOL MI*AS. Tambah kaget dong, setelah sampai di depan persimpangan masjid, orang tersebut berbelok ke arah yang berbeda tp saya tetap masuk masjid dong, :). Maklum sudah dengan urusan yang berbeda...
Saya tidak menahu dengan orang tersebut mengapa dia melakukan hal tersebut di pagi-pagi dengan udara sedingin ini dengan hal tersebut. Saya hanya bisa mengambil pelajaran Apakah mungkin, orang tersebut sedang dilanda suatu permasalahan sehingga melakukan hal tersebut? (kita juga tidak tahu akan prasangka tersebut.

*Hikmah Pagi ini*
Setiap kita memiliki masalah, bagi seorang muslim jangan berlari kepada hal-hal yang tidak di ridloi oleh Alloh SWT. Masih banyak jalan untuk keluar dari setiap permasalah yang mendera, dan tentu nya kita meyakini dalam hati bahwa Alloh tidak menguji seseorang melainkan kadar kemampuannya. Sesuai dengan Firmannya,
“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” -Surah Al-Baqarah ayat 286-

Di waktu pengajian-pengajian sering saya mendengar bahwa ujian Allah bisa merupakan teguran dan sebagai bentuk kasih sayang Nya.
Selanjutnya kembali kepada diri kita, bagaimana kita menyikapinya permasalahan itu dengan hati, pikiran dan bahkan dengan prasangka yang bersih dalam arti positif atau dengan hati, pikiran, dan prasangkan yang kotor dengan berbagai hal-hal yang jelek. Maka dari seorang hamba yang berhati, berpikiran dan berprasangka bersihlah yang mampu mengambil dan mendapatkan hikmah dari setiap ujian yang Allah berikan. Ujian sesulit apapun yang datang pada dirinya akan diyakini bahwa itu sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang Allah kepada hambanya. Tentunya agar seorang hamba tersebut bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari-hari sebelumnya. (Inilah yang sulit untuk dilakukan oleh setiap kita termasuk saya)

Sementara bagi seorang insan yang berhati kotor dan hal-hal yang jelek akan menganggap setiap ujian yang hadir merupakan bencana yang tak ada ujung penyelesaian masalahnya, sehingga muncul rasa takut, gelisah, dan panik yang tidak menenangkan hati dan pikirannya

Jadi kita bisa mengatasi setiap permasalahan yang datang tentunya dengan berpikir, bertindak / berusaha. Sekali lagi teruntuk semua teman-temanku yang muslim, hal ini juga ikut mengingatkan diri hamba yang lemah terhadap ujian pula tapi kita bisa lulus kok bahkan lulus dengan nilai terbaik dan naik kelas artinya derajat kita akan dinaikkan oleh Alloh SWT. Jangan lupa, selalu berdoa lah untuk diberi suatu kemampuan/kekuatan yang lebih, besar untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan/ujian kita, jangan berdoa untuk menerima permasalahan/ujian yang kecil-kecil jika kita ingin menjadi orang yang besar,  

Jangan pula berlari kepada hal-hal yang tidak bermanfaat apalagi dilarang oleh tuntunan agama. Selesaikan permasalahan sedikit demi sedikit. Kita hidup memang bertemu dengan permasalahan, kalau kita tidak bertemu dengan permasalahan maka kita sudah tidak hidup lagi.
Selamat Pagi dan Selamat beraktivitas.

Palembang, 05.55 WIB Jum’at 7 Desember 2012

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons