,.

Monday, February 25, 2013

JENIS-JENIS PENELITIAN

JENIS-JENIS PENELITIAN



1. Jenis-jenis Penelitian.
Berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, penelitian dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis antara lain berdasarkan (a) tujuan, (b) pemakaian atau hasil/alasan yang diperoleh, (c) bidang ilmu yang diteliti, (d) tempat, (e) teknik yang digunakan, (f) taraf penelitian, (g) keilmiahan, dan (h) spesialisasi bidang (ilmu) garapan, (i) pendekatan.

1.1     Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan
Berdasarkan tujuannya, penelitian dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
a. Penelitian Eksploratif = penelitian yang menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Ciri-ciri penelitian eksploratif adalah
  • Menjawab hipotesis
  • Mencari korelasi
  • Menemukan sesuatu yang baru dimana belum pernah diketahui sebelumnya.
Contoh penelitian eksploratif adalah adalah penelitian yang menghasilkan suatu metode baru pembelajaran matematika yang menyenangkan siswa.

b. Penelitian Pengembangan/Developmental = penelitian yang mengadakan percobaan dan penyempurnaan. Ciri-ciri penelitian pengembangan adalah
  • Mengembangkan atau memperdalam pengetahuan yang telah ada.
  • Menerapkan teknologi
  • Membuat prototype
Contoh penelitian pengembangan adalah pnelitian tentang implementasi metode inquiry dalam pembelajaran matematika yang sebelumnya telah digunakan dalam pembelajaran matematika lalu dikembangkan kembali.

c.    Penelitian Verifikasi = penelitian yang berfungsi untuk mengecek atau menguji kebenaran hasil penelitian lain.  Ciri-ciri penelitian verifikasi adalah
  • Melakukan pengujian
  • Studi perbandingan
Contoh penelitian verifikasi misalnya suatu penelitian dilakukan untuk membuktian adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap pembelajaran matematika (Arikunto, 2002: 6-7) dan  (Ditjen PMPTK, 2008: 8-9)

1.2    Jenis penelitian berdasarkan hasil/alasan yang diperoleh/fungsinya
Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan. Selain itu, menurut Sugiyono pelajaran berdasarkan tujuannya dibedakan  sebagai berikut.

a.    Penelitian Dasar / Basic Research
Penelitian dasar atau penelitian murni adalah pencarian terhadap sesuatu karena ada perhatian atau keingintahuan terhadap hasil suatu aktivitas, mempunyai alasan intelektual dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan. Penelitian dasar dikerjakan tanpa memikirkan ujung praktis atau titik terapan.

Hasil dari penelitian dasar adalah pengetahuan umum dan pengertian-pengertian tentang atau serta hubungan-hubungan. Pengetahuan umum ini untuk memecahkan masalah-masalah praktis, jadi tidak  memberikan jawaban yang menyeluruh untuk tiap masalah tersebut. Sebagai contohnya adalah penelitian di bidang kedokteran  untuk menemukan spesies baru, maka peneliti menggunakan bioteknologi untuk melakukan cloning dari binatang maupun tumbuhan.

b.    Penelitian Terapan / Applied Research
Penelitian terapan adalah penelitian yang mempunyai alasan praktis, keinginan untuk mengetahui; bertujuan agar dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif, efisien. Penelitian terapan juga sebagai penyelidikan yang hati-hati, sistematik dan terus menerus terhadap suatu masalah dengan tujuan untuk digunakan dengan segera pada keperluan tertentu. Hasil penelitian tidak perlu sebagai suatu penemuan yang baru, tetapi merupakan aplikasi baru dari penelitian yang telah ada.

Penelitian terapan memilih masalah yang ada hubungannya dengan keinginan masyarakat serta untuk memperbaiki praktik-praktik yang ada. Penelitian terapan diharapkan hasilnya diperoleh dalam waktu dekat/secepatnya, karena bila penelitiannya cukup lama maka diragukan hasilnya sudah kedaluarsa. Contoh penelitian terapan diantaranya termasuk survey konsumen  yang dilakukan oleh sebuah took dan supermarket, penelitian tindakan tentang alat-alat teknologi pertanian dan alat produksi
 
Selanjutnya dapat didownload pada link berikut.
download Makalah

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons