,.

Sunday, December 2, 2012

Mendesain Proses Pembelajaran Pada Luas Layang-Layang Sekolah Dasar Dengan Bermain Puzzle Segitiga Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Secara Menyenangkan dan Mudah

Salah satu materi pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar  kelas V semester I adalah geometri, pokok bahasan bangun datar, sub pokok bahasan luas layang-layang. Van Hiele (dalam The Child’s Thought and Geometry) menjelaskan bahwa hal pertama pada pembelajaran geometri adalah bagaimana agar siswa dapat memvisualisasikan dan mengenali bangun geometri sesuai dengan sifatnya. Van Hiele menambahkan bahwa fase pertama dalam proses pengajaran adalah inkuiri: siswa mempelajari konsep dengan melakukan investigasi melalui bahan atau model yang diberikan pada siswa. Bahan atau model tersebut akan mengarahkan siswa untuk menemukan konsep.

Siswa kelas V sekolah dasar, umumnya berada pada rentang usia 10-12 tahun. Menurut Piaget, pada rentang usia tersebut siswa berada pada tahap berpikir operasional konkrit. Tahap ini merupakan tahap yang menentukan perkembangan kognitif anak, karena tahap ini menandai awal pemikiran logis atau operasional pada anak. Piaget menjelaskan bahwa pada tahap ini anak cukup mampu menggunakan pemikiran logis atau operasi, tetapi mereka hanya bisa menerapkan hal tersebut pada benda konkrit.

Berdasarkan teory belajar geometri yang dikemukakan Van Hiele: visualisasi dan inkuiri, serta teori Piaget tentang tahap operasional konkrit pada siswa kelas V (usia 10-12 tahun), sehingga membuat teman-teman dan saya ingin membuat proses pembelajaran pada materi luas layang-layang tersebut dengan terdapat aktivitas siswa di dalam nya seperti kegiatan kelompok sehingga membuat proses tersebut menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. kami menyadari bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penuh dengan tantangan yang sering membuat siswa menyerah yang pada akhirnya timbul kesulitan untuk belajar matematika. Dengan membuat proses pembelajaran melalui aktivitas yang baru bagi mereka akan membuat siswa menyenangi dan mudah dalam mempelajari matematika terutama dalam mengetahui konsep luas bangun layang-layang.

Pada desain pembelajaran yang telah kami lakukan, siswa melakukan investigasi dan eksplorasi melalui bahan yang disediakan. Pada awal mula dari proses pembelajaran ini, siswa menggunakan benda konkrit (layang-layang dari potongan kertas yang berbentuk bangun datar segitiga) sesuai dengan konteks yang disediakan (pada saat tersebut adalah bermain layang-layang)

Pembelajaran diawali dengan pemberian masalah dari konteks bermain layang-layang. Selanjutnya siswa diarahkan untuk menvisualisasaikan bangun datar layang-layang sesuai dengan sifatnya dengan bantuan benda konkrit dari kehidupan sehari-hari siswa yaitu layang-layang (permainan). Benda-benda konkrit sebagai bahan investigasi dan eksplorasi siswa merupakan jembatan dari konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata ke tahap berpikir logis dan operasional. Dengan bekerja di dalam kelompok menggunakan lembar kerja  kelompok (LKK), siswa dibimbing untuk membangun pemahaman secara mandiri tentang konsep luas layang-layang.

Tujuan di dalam  proses pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran layang-layang dengan pendekatan PMRI melalui aktivitas penyusunan model layang-layang menggunakan potongan segitiga berbagai ukuran dan menemukan rumus luas layang-layang dengan menggunakan pendekatan luas persegi panjang.

Mengenai informasi detail tentang bagaimana proses pembelajaran pada luas layang-layang di atas, silahkan download di bawah ini.
1.    Laporan Pembelajaran tentang Teaching Design Layang-Layang (Indo)
2.    Laporan Pembelajaran tentang Teaching Design Layang-Layang (Inggris)
3.    RPP Pembelajaran Layang-Layang Kelas 5 SD
4.    LKK Pembelajaran Layang-Layang Kelas 5 SD
Nb: Learning Design tentang pembelajaran di atas di sesuaikan berdasarkan pada RPP dan LKK di  atas.
 

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons