,.

Wednesday, November 19, 2014

Pembelajaran Kurikulum 2013 Tematik Integratif Kelas II SD (Matematika, Seni Budaya dan Prakarya dan Bahasa Indonesia)

Kurikulum 2013 telah berjalan hampir 1 tahun ini baik di SD/MI, SMP/MTS maupun SMA/SMK/MA. Seiring dengan perjalanan kurikulum yang baru ini, disusul pula dengan kementerian dengan nama dan orang yang baru. Ditengah hal itu pun juga ada kecemasan dari para pendidik akan perjalanan dari Kurikulum 2013 ini. Nah, biarlah Kurikulum ini diperbaiki dan direvisi oleh pemerintah yang baru. Selanjutnya, tugas para guru / para pendidik untuk dapat menyiapkan materi ajar nya dengan baik.

Pada tahun 2013 telah dijalankan Kurikulum 2013 untuk SD-SD tertentu dan masih berjalan secara bertahap yaitu kelas 1 dan kelas 4. Selanjutnya pada tahun 2014 ini pemerintah berusaha untuk menjalankan pada SD-SD secara merata untuk di daerah Indonesia walau masih belum semuanya.

Di dalam tulisan ini penulis menshare desain pembelajaran Kurikulum 2013 pada kelas II SD / MI dengan tema "Bermain di Lingkungan ku" yang penulis ambil dari draf Kompetensi Dasar (KD) SD / MI yang disusun oleh Kemendikbud 2013. Desain ini penulis susun berdasarkan pengalaman penulis dalam mempelajari dan mempraktikkan kurikulum 2013 pada tahun kemarin.

Di dalam Desain pembelajaran ini, terdapat RPP, LAS, Lembar Jawab LAS, dan Lembar Penilaian yang berisi dari mata pelajaran Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Bahasa Indonesia. Penulis mengambil kompetensi dasar pada pelajaran Matematika yaitu 3.5 Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku. Dengan kompetensi ini, penulis fokus tujuan dimana siswa dapat membandingkan panjang. Sedangkan KD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa dengan fokus pada tujuan siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan perilaku santun dan jujur melalui permainan di dalam kegiatan berkelompok. Selanjutnya KD pada mata pelajaran Seni Budaya & Prakarya yaitu KD 3.1. Mengenal seni budaya  daerah beserta bahan, alat dan fungsinya dalam membuat karya seni budaya dan prakarya dengan tujuan supaya siswa dapat menyebutkan bahan, alat dan fungsinya dari permainan yang digunakan sebagai budaya dan prakarya. Di dalam tulisan ini pula, penulis memberikan video pembelajaran sebagai salah satu bentuk pembelajaran pada waktu dahulu mempraktekan desain pembelajaran dengan KD diatas.



Penulis menyadari kekurangan yang ada di dalam desain pembelajaran ini sehingga para pembaca pun diharapkan dapat mengembangkan sendiri materi ini. Para pembaca pun dapat mengembangkan dengan mengganti salah satu pelajaran di atas dengan pelajaran PPKn atau dengan pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PENJASORKES). Saya, sebagai penulis juga menerima kritik dan saran guna memperbaiki desain pembelajaran ini. Terima kasih atas waktu nya

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons