Pada kesempatan ini, saya akan mengupload mengenai laporan pertama mata kuliah Classroom Observation, mengenai apa mata kuliah tersebut, teman-teman dapat meng klik disini.
LAPORAN PRA OBSERVATION
“SD N 1 and SD N 117, Palembang”
“SD N 1 and SD N 117, Palembang”
Ahmad wakhidul kohar1
Fanni Fatoni2
Wisnu Siwi Satiti3
IMPoME, Sriwijaya University, 2012
(1bangwachid@gmail.com, 2fan_math05@yahoo.co.id,3wisnu.siwi@gmail.com)
Fanni Fatoni2
Wisnu Siwi Satiti3
IMPoME, Sriwijaya University, 2012
(1bangwachid@gmail.com, 2fan_math05@yahoo.co.id,3wisnu.siwi@gmail.com)
I. INTRODUCTION
Mahasiswa International
Master Program on Mathematics Education (IMPoMe) Universitas Sriwijaya (Unsri) tahun 2012 telah
secara resmi memulai kegiatan perkuliahan pada tanggal 15 Oktober 2012. IMPoMe
merupakan program pengaplikasian dari Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
(PMRI), versi Indonesia dari Realistic Mathematics Education (RME). Pada tahun
1994, program ini dimulai ketika Professor Sembiring menghadiri Konferensi
Regional, the second-ICMI China pada pendidikan matematika di Shanghai. Bermula
dari hal tersebut, RME sudah disebarkan dan diimplementasikan di beberapa
universitas dan sekolah di Indonesia.
Salah satu mata kuliah pada semester
perdana yang diberikan adalah Classroom Observation yang dibina oleh Dr. Ratu
Ilma Indra Putri, M.Si. Classroom Observation merupakan mata kuliah yang
bertujuan untuk mengetahui lebih jauh informasi mengenai aplikasi dari pembelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan RME di sekolah-sekolah yang sudah
bergabung dengan PMRI. Secara umum,
kegiatan pra observasi ini mempunyai tujuan untuk mengetahui proses belajar dan
mengajar di dalam kelas yang dilakukan oleh guru yang selanjutnya berkolaborasi
untuk membuat proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan RME.
II. DISKRIPSI
KEGIATAN
Mahasiswa IMPoMe berjumlah 14 orang
telah mendapat tugas untuk observasi di 9 sekolah dasar dengan 2-3 orang setiap
1-2 sekolah. Ahmad Wakhidul Kohar, Wisnu Siwi Satiti dan saya mengadakan observasi tentang kelas PMRI
di SD N 1 dan SD N 117 Palembang. Pada saat pertama kali mengunjungi sekolah-sekolah
tersebut, kami merasakan suasana yang bersahabat
dan baik dari Kepala Sekolah sampai dengan guru-guru di sana. Mengenai
penjelasan lebih jauh tentang deskripsi kegiatan akan saya buat dalam bentuk
dua daftar sekolah sebagai berikut.
2.1.SD N 1 Palembang
SD N 1 Palembang, sekolah negeri
yang merupakan salah satu sekolah teladan terletak di Jl Kapt A Rivai
Palembang. Observasi ini sekaligus membuka awal kerja sama kegiatan PMRI di
sekolah ini karena pada tahun-tahun sebelum nya, sekolah ini belum pernah
berkerja sama dengan PMRI. Pada tanggal 17 Oktober 2012 kami telah mengunjungi
sekolah tetapi kami belum bertemu dengan Kepala Sekolah karena beliau sedang
mengikuti kegiatan pelatihan di SMK N 3 Palembang. Kami diterima oleh Ibu Sus,
Wakil Kepala Sekolah, untuk mendengarkan penjelasan kami. Setelah kami memberitahu
tujuan kegiatan kami, beliau secara langsung belum bisa memberikan ijin tetapi
secara tidak langsung mengijinkan dan menyambut baik kedatangan kami. Beliau
meminta kami untuk bertemu dengan Kepala Sekolah dilain hari dan kami
memutuskan untuk menemui beliau pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012.
Pada kunjungan berikutnya, kami belum
bisa bertemu secara langsung dengan Kepala Sekolah karena beliau sedang pergi
keluar untuk melaksanakan tugas. Namun, kami sangat bersyukur karena pada hari
itu, wakil kepala sekolah sudah secara langsung memberi kami ijin untuk melaksanakan
observasi untuk terlibat secara langsung
dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME. Selanjutnya, Kami
menjelaskan lebih mendetail kepada beliau, apakah yang akan kami lakukan selanjutnya
sampai dengan berbagai aktivitas yang akan kerjakan di sekolah berhubungan dalam
mata kuliah Classroom Observation. Kami berdiskusi untuk menentukan kelas yang akan
digunakan dan beliau siap untuk menyiapkan kelas yang akan kami gunakan untuk
proses pembelajaran berdasarkan RME.
2.2.SD N 117 Palembang
SD N 117 adalah salah satu
sekolah negeri yang sudah mempunyai kelas akselerasi yang terletak di Jl. Musi
Raya Perumnas Sako Kanten Palembang. Setelah mengunjungi SD N 1 Palembang, kami
melanjutkan perjalanan menuju SD N 117 Palembang. Pada kunjungan pertama, kami
sangat bersyukur karena kami dapat bertemu Ibu Toman Siregar, Kepala Sekolah SD
N 117. Beliau sangat ramah dan senang sekali pada saat beliau menerima dan memberikan sedikit gambaran tentang
pelaksanaan proses pembelajaran secara umum dan PMRI di sekolahnya karena sekolah ini telah bekerja
sama dengan PMRI sebagai sekolah pilot walaupun beliau belum lama menjadi
Kepala Sekolah di sekolah tersebut.
Kegiatan dilanjutkan berdiskusi dimana
Kepala Sekolah mengundang beberapa guru dari kelas akselerasi yang bertujuan kami
mengajar di kelas tersebut. Pada diskusi tersebut, Beliau juga mengenalkan kami
dengan guru yang telah mendapatkan pengetahuan dengan PMRI, Ibu Yusnizar. Pada
hasil diskusi tersebut, beliau meminta kami untuk mengajar di kelas IV
khususnya kelas akselerasi. Selanjutnya, kami menerima sementara apa yang telah
didiskusikan pada waktu tersebut dan kami akan memberitahu Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si
tentang hasil diskusi. Pada pertemuan di minggu selanjutnya, kami diijinkan oleh
Kepala Sekolah untuk memasuki kelas untuk mengadakan observasi.
III. Hasil
Observasi
Observasi ini dilaksanakan berdasarkan pada
pengamatan kelompok dan saya akan membagi menjadi dua penjelasan. Berikut ini
penjelasan mengenai kegiatan observasi yang kami lakukan:
3. 1 SD N 1
Palembang
m untuk informasi lebih jauh mengenai laporan ini, anda dapat mendownload di sini
Related Post:
Widget by [ Iptek-4u ]
0 komentar:
Post a Comment