Salah satu teknik pemecahan masalah yang sering digunakan khususnya dalam pemecahan masalah matematika adalah strategi mempertimbangkan kasus-kasus ekstrim. Akan tetapi hal ini juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, jika seseorang berencana untuk membeli barang dengan cara tawar-menawar, misalnya membeli rumah atau membeli pakaian, maka orang tersebut harus menentukan strategi untuk membuat penawaran pada penjual dengan memutuskan berapa harga (ekstrim) terendah dan berapa harga (ekstrim) tertinggi yang mungkin.
Secara umum, kita sering mempertimbangkan nilai-nilai ekstrim dari apa pun yang kita rencanakan terkait dengan pembelian suatu barang dan kemudian membuat keputusan tentang barang tersebut dengan didasarkan pada situasi ekstrim. Kasus ekstrim juga digunakan ketika seseorang berusaha untuk menguji suatu produk, misalnya speaker stereo. Kita ingin menguji produk tersebut pada volume yang sangat rendah dan pada volume yang sangat tinggi. Kemudian kita anggap pasti (dengan sedikit pembenaran) bahwa karena speaker telah lulus uji kondisi ekstrim maka speaker tersebut juga akan berfungsi dengan baik antara situasi yang ekstrim. Selain kedua contoh tersebut, masih banyak contoh-contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan strategi mempertimbangkan kasus-kasus ekstrim.
For further information, you can see this power point slide show about this strategy below.
Di dalam presentasi power point di bawah ini, saya memberikan contoh-contoh soal dan pembahasannya pula terkait dengan simpler analogous problem.
Di dalam presentasi power point di bawah ini, saya memberikan contoh-contoh soal dan pembahasannya pula terkait dengan simpler analogous problem.
Related Post:
Tugas Kuliah Impome
- Ada Apa Dengan Kurikulum 2013, PMRI dan PISA 2012? (Menuju Pembentukan Karakter Yang Lebih Baik, Bukan Pada Pembunuhan Karakter!!!)
- The Final Report of The Task of ICT on Mathematics
- Strategy of Making a Drawing
- WEB BASED LESSON : Desain Pembelajaran PMRI Pada Pembelajaran Volume Balok dan Kubus Kelas V SD
- Pembelajaran Interaktif Modus Dengan Power Point
- Solving a Simpler, Analogous Problem (Specification Without Loss of Generality)
- Desain Pembelajaran PMRI 4 Pada Materi Pengukuran Panjang SD N 117 Palembang
- Mendesain Proses Pembelajaran Pada Luas Layang-Layang Sekolah Dasar Dengan Bermain Puzzle Segitiga Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Secara Menyenangkan dan Mudah
- Learning Design of Relationship Among Weight Units at Grade 3A SD Negeri 117 Palembang
- Desain Pembelajaran Hubungan Antar Satuan Berat di Kelas 3A SD Negeri 117 Palembang
- “Fast Walking Competition, One of alternatives of Learning Process on Distance, Time and Velocity Using RME Approach at Grade V of Elementary School”
- Kompetisi Jalan Cepat, Salah Satu Alternatif Proses Pembelajaran Jarak, Waktu, dan Kecepatan Dengan Pendekatan PMRI di Kelas V SD
- PRE OBSERVATION REPORT
- LAPORAN PRA OBSERVATION
- TUGAS MATA KULIAH ICT in Math Education
Widget by [ Iptek-4u ]
0 komentar:
Post a Comment