,.

Thursday, November 20, 2014

Pembelajaran Kurikulum 2013 Tematik Integratif Kelas 4 SD (Tema : Selalu Berhemat Energi)

“Salah satu sumber energi yang ada banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Ayo kita cari tahu bagaimana manfaat listrik bagi kehidupan kita”.
atau
“Jika tiga lampu itu digunakan selama 24 jam, berapa killo watt jam (kWh) total daya
yang digunakan ketiga lampu tersebut? (1 kWh = 1.000 wattjam)”
Dua kalimat diatas merupakan beberapa kalimat di dalam buku SD kelas IV Kurikulum 2013 dengan tema 2 “Selalu Berhemat Energi”.

Nah, pada tulisan sebelum nya saya memberikan contoh tentang desain pembelajaran kurikulum 2013 tematik integrative pada kelas 2 SD. Pada bagian tulisan ini saya akan menshare tentang desain pembelajaran kurikulum 2013 tentunya tematik integrative pada kelas IV SD semester 2 pada tema di atas yang telah disebut. Pada desain pembelajaran kali ini, menggabungkan mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.

Pada mata pelajaran Matematika ini, saya menggunakan KD 3.4, 3.7 dan 4.1 dengan fokus pada KPK. Sedangkan KD pada Bahasa Indonesia folus pada KD 3.1 dimana siswa menggali informasi dari teks laporan sedangkan untuk pelajaran IPA, siswa-siswi akan fokus pada KD 3.4 dan 4.6 terkait bentuk energy dan pemanfaatanya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, berikut ini untuk lebih jelas nya mengenai RPP dan LKS dapat didownload di bawah ini:
Download RPP Pembelajaran KPK
Download LAS Pembelajaran KPK 

Hehehe, ada yang terlupa. Untuk materi RPP dan LAS di atas merupakan milik teman saya yang ada di http://ummysalmah.wordpress.com/. Silahkan berkunjung untuk melihat nya lebih lengkap.
Semoga bermanfaat untuk para pembaca, :).

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons