,.

Friday, November 21, 2014

Pembelajaran Kurikulum 2013 Tematik Integratif Kelas 4 SD dengan Tema Selalu Berhemat Energi

Setelah pada posting kemarin tentang pembelajaran kurikulum 2013 tematik integratif kelas 4 dengan tema “selalu berhemat energi”. Berikut ini saya akan memberikan sedikit sumbangsih dari teman saya yang lainnya. Jika sekiranya para pembaca belum menemukan blog teman saya, saya akan memposting RPP dan LAS yang telah dibuat oleh teman saya. Hehehehe, peace, :D. Saya telah sepakat dengan teman-teman satu kuliah dahulu untuk membantu saling membagi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca dengan menyertakan sumber aslinya, :D yang semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Berikut ini contoh lain dari RPP dan LAS yang lain dari kelas 4 dengan tema yang sama pada mata pelajaran yang sama yaitu matematika dan IPA yaitu “Selalu Berhemat Energi” dengan subtema “Pemanfaatan Energi”. Sebagai bentuk lain untuk para pembaca agar mempunyai alternatif lain dalam mengajar di kelas. Berikut ini RPP dan Lembar Aktivitas Siswa yang bisa didownload.

Download RPP Pembelajaran

Download LAS Pembelajaran

Silahkan mengunjungi blog teman saya yang terdapat file terdapat di sini

Thursday, November 20, 2014

Pembelajaran Kurikulum 2013 Tematik Integratif Kelas 4 SD (Tema : Selalu Berhemat Energi)

“Salah satu sumber energi yang ada banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Ayo kita cari tahu bagaimana manfaat listrik bagi kehidupan kita”.
atau
“Jika tiga lampu itu digunakan selama 24 jam, berapa killo watt jam (kWh) total daya
yang digunakan ketiga lampu tersebut? (1 kWh = 1.000 wattjam)”
Dua kalimat diatas merupakan beberapa kalimat di dalam buku SD kelas IV Kurikulum 2013 dengan tema 2 “Selalu Berhemat Energi”.

Nah, pada tulisan sebelum nya saya memberikan contoh tentang desain pembelajaran kurikulum 2013 tematik integrative pada kelas 2 SD. Pada bagian tulisan ini saya akan menshare tentang desain pembelajaran kurikulum 2013 tentunya tematik integrative pada kelas IV SD semester 2 pada tema di atas yang telah disebut. Pada desain pembelajaran kali ini, menggabungkan mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.

Pada mata pelajaran Matematika ini, saya menggunakan KD 3.4, 3.7 dan 4.1 dengan fokus pada KPK. Sedangkan KD pada Bahasa Indonesia folus pada KD 3.1 dimana siswa menggali informasi dari teks laporan sedangkan untuk pelajaran IPA, siswa-siswi akan fokus pada KD 3.4 dan 4.6 terkait bentuk energy dan pemanfaatanya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, berikut ini untuk lebih jelas nya mengenai RPP dan LKS dapat didownload di bawah ini:
Download RPP Pembelajaran KPK
Download LAS Pembelajaran KPK 

Hehehe, ada yang terlupa. Untuk materi RPP dan LAS di atas merupakan milik teman saya yang ada di http://ummysalmah.wordpress.com/. Silahkan berkunjung untuk melihat nya lebih lengkap.
Semoga bermanfaat untuk para pembaca, :).

Wednesday, November 19, 2014

Pembelajaran Kurikulum 2013 Tematik Integratif Kelas II SD (Matematika, Seni Budaya dan Prakarya dan Bahasa Indonesia)

Kurikulum 2013 telah berjalan hampir 1 tahun ini baik di SD/MI, SMP/MTS maupun SMA/SMK/MA. Seiring dengan perjalanan kurikulum yang baru ini, disusul pula dengan kementerian dengan nama dan orang yang baru. Ditengah hal itu pun juga ada kecemasan dari para pendidik akan perjalanan dari Kurikulum 2013 ini. Nah, biarlah Kurikulum ini diperbaiki dan direvisi oleh pemerintah yang baru. Selanjutnya, tugas para guru / para pendidik untuk dapat menyiapkan materi ajar nya dengan baik.

Pada tahun 2013 telah dijalankan Kurikulum 2013 untuk SD-SD tertentu dan masih berjalan secara bertahap yaitu kelas 1 dan kelas 4. Selanjutnya pada tahun 2014 ini pemerintah berusaha untuk menjalankan pada SD-SD secara merata untuk di daerah Indonesia walau masih belum semuanya.

Di dalam tulisan ini penulis menshare desain pembelajaran Kurikulum 2013 pada kelas II SD / MI dengan tema "Bermain di Lingkungan ku" yang penulis ambil dari draf Kompetensi Dasar (KD) SD / MI yang disusun oleh Kemendikbud 2013. Desain ini penulis susun berdasarkan pengalaman penulis dalam mempelajari dan mempraktikkan kurikulum 2013 pada tahun kemarin.

Di dalam Desain pembelajaran ini, terdapat RPP, LAS, Lembar Jawab LAS, dan Lembar Penilaian yang berisi dari mata pelajaran Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Bahasa Indonesia. Penulis mengambil kompetensi dasar pada pelajaran Matematika yaitu 3.5 Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku. Dengan kompetensi ini, penulis fokus tujuan dimana siswa dapat membandingkan panjang. Sedangkan KD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa dengan fokus pada tujuan siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan perilaku santun dan jujur melalui permainan di dalam kegiatan berkelompok. Selanjutnya KD pada mata pelajaran Seni Budaya & Prakarya yaitu KD 3.1. Mengenal seni budaya  daerah beserta bahan, alat dan fungsinya dalam membuat karya seni budaya dan prakarya dengan tujuan supaya siswa dapat menyebutkan bahan, alat dan fungsinya dari permainan yang digunakan sebagai budaya dan prakarya. Di dalam tulisan ini pula, penulis memberikan video pembelajaran sebagai salah satu bentuk pembelajaran pada waktu dahulu mempraktekan desain pembelajaran dengan KD diatas.



Penulis menyadari kekurangan yang ada di dalam desain pembelajaran ini sehingga para pembaca pun diharapkan dapat mengembangkan sendiri materi ini. Para pembaca pun dapat mengembangkan dengan mengganti salah satu pelajaran di atas dengan pelajaran PPKn atau dengan pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PENJASORKES). Saya, sebagai penulis juga menerima kritik dan saran guna memperbaiki desain pembelajaran ini. Terima kasih atas waktu nya

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons