Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan hal-hal mendasar dalam penelitian pendidikan, misalnya masalah yang diteliti, variable dan hipotesis, kajian pustaka, pengambilan sampel. Instrumen, validitas internal, ekternal, metode eksperimen, penelitian pengembangan, penelitian tindakan kelas dan penulisan proposal dan laporan penelitian.
Bentuk Perkuliahan ini sendiri terdiri dari pertemuan selama 3 SKS yang diawali dengan kegiatan Presentasi dari Mahasiswa Impome. Selanjutnya diskusi bersama dengan dibimbing oleh Dr. Ratu Ilma I.P.,M.Si. Selain itu, Pengajar dari Utrecht University pun turut mengisi perkuliahan ini selama 2 kali pertemuan dengan membahas topik khusus design research.
Selain itu membahasa pula tentang pengertian, jenis, tujuan, dan prinsip-prinsip penelitian. Konstribusi penelitian untuk pengembangan iptek, pembangunan, dan kesejahteraan manusia. Identifikasi masalah yang layak, perumusan masalah, hipotesis, dan penentuan judul. Prinsip dasar pelaksanaan penelitian, dan penggunaan statistik dalam penelitian. Teknik penyusunan proposal dan laporan penelitian, dan presentasi hasil penelitian
Tujuan mata kuliah ini sendiri sebagai berikut.
Bentuk Perkuliahan ini sendiri terdiri dari pertemuan selama 3 SKS yang diawali dengan kegiatan Presentasi dari Mahasiswa Impome. Selanjutnya diskusi bersama dengan dibimbing oleh Dr. Ratu Ilma I.P.,M.Si. Selain itu, Pengajar dari Utrecht University pun turut mengisi perkuliahan ini selama 2 kali pertemuan dengan membahas topik khusus design research.
Selain itu membahasa pula tentang pengertian, jenis, tujuan, dan prinsip-prinsip penelitian. Konstribusi penelitian untuk pengembangan iptek, pembangunan, dan kesejahteraan manusia. Identifikasi masalah yang layak, perumusan masalah, hipotesis, dan penentuan judul. Prinsip dasar pelaksanaan penelitian, dan penggunaan statistik dalam penelitian. Teknik penyusunan proposal dan laporan penelitian, dan presentasi hasil penelitian
Tujuan mata kuliah ini sendiri sebagai berikut.
- Memahami kaidah-kaidah pokok dalam proses penelitian sejak merumuskan masalah, sampai analisis data dan interpretasi
- Mampu mendisain penelitian di bidang pendidikan sesuai dengan interestnya namun lebih mengarah kepada development research / design reserach
- Mampu membaca dan memahami literatur-literatur dalam penelitian pendidikan
Pertemuan-pertemuan dalam perkuliahan ini sebagai berikut.
Pertemuan 1 Pengetahuan, Pengetahuan Ilmiah, dan Penelitian Ilmiah
Pertemuan II Jenis-Jenis Penelitian
Pertemuan III Penelitian Eksperimen
Pertemuan IV Analisis Jurnal Eksperimen
Pertemuan V Metode Penelitian : PTK
Pertemuan VI Analisis Jurnal PTK
Pertemuan VII Pertemuan Dengan Dosen dari Utrecth University
Pertemuan VIII Pertemuan Dengan Dosen dari Utrecth University
Pertemuan IX UTS
Pertemuan X Metode Penelitian : Pengembangan dan Design
Pertemuan XI Analisis Jurnal Penelitian Pengembangan dan Design
Pertemuan XII Format Penulisan Proposal Penelitian
Pertemuan XIII Format Penulisan Proposal Penelitian
Pertemuan XIV Paparan Proposal Penelitian
Pertemuan XV Paparan Proposal Penelitian
Pertemuan XVI Paparan Proposal Penelitian
Pertemuan 1 Pengetahuan, Pengetahuan Ilmiah, dan Penelitian Ilmiah
Pertemuan II Jenis-Jenis Penelitian
Pertemuan III Penelitian Eksperimen
Pertemuan IV Analisis Jurnal Eksperimen
Pertemuan V Metode Penelitian : PTK
Pertemuan VI Analisis Jurnal PTK
Pertemuan VII Pertemuan Dengan Dosen dari Utrecth University
Pertemuan VIII Pertemuan Dengan Dosen dari Utrecth University
Pertemuan IX UTS
Pertemuan X Metode Penelitian : Pengembangan dan Design
Pertemuan XI Analisis Jurnal Penelitian Pengembangan dan Design
Pertemuan XII Format Penulisan Proposal Penelitian
Pertemuan XIII Format Penulisan Proposal Penelitian
Pertemuan XIV Paparan Proposal Penelitian
Pertemuan XV Paparan Proposal Penelitian
Pertemuan XVI Paparan Proposal Penelitian
Mata kuliah ini, mempergunakan Literatur-literatur sebagai berikut.
- Fraenkel J.R. Wallen, N.E (1990). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill. New York
- Mc Millan J.H dan Schumacher S. (2001). Research in Education. Longman. New York.
- Ruseffendi. E.T. (2000). Metode Penelitian.IKIP Semarang Press.
- Tessmer. Formative Evaluation
- dll
Demikian, penjelasan singkat mengenai Mata Kuliah Research Methodology.
Mengenai makalah dan literatur-literatur dari mata kuliah ini akan dipaparkan pada bentuk pertemuan-pertemuan yang sudah berbentuk file PDF.
Semoga bisa membantu dan bermanfaat, terima kasih
Fanni Fatoni
Impome 2012 at Sriwijaya University
Mengenai makalah dan literatur-literatur dari mata kuliah ini akan dipaparkan pada bentuk pertemuan-pertemuan yang sudah berbentuk file PDF.
Semoga bisa membantu dan bermanfaat, terima kasih
Fanni Fatoni
Impome 2012 at Sriwijaya University
Related Post:
Widget by [ Iptek-4u ]
0 komentar:
Post a Comment